BerkebunPerlengkapan berkebun

Tips Merawat Mist Sprayer Gendong

March 8, 2017 — by Hanson Leo

main

BerkebunPerlengkapan berkebun

Tips Merawat Mist Sprayer Gendong

March 8, 2017 — by Hanson Leo

Tips Merawat Mist Sprayer Gendong

Sebagai perangkat untuk membasmi hama tanaman, alat penyemprot seperti mist sprayer banyak digunakan di lahan-lahan perkebunan atau pertanian. Salah satu jenis yang paling populer, paling efisien, sekaligus paling efektif dalam menyemprot adalah mist sprayer punggung atau jenis gendong.

Jika Anda menggunakan perangkat tersebut, berusahalah untuk merawat mist sprayer gendong sebaik mungkin sebab jika alat tersebut rusak, proses penyemprotan hama bisa terhambat dan kesehatan tanaman Anda menjadi jaminannya.

Cara kerja mist sprayer gendong adalah dengan menyemprotkan bahan kimia aktif yang larut ke dalam air. Nah, di dalam perangkat, larutan tersebut diubah menjadi butiran cairan yang biasa disebut droplets atau spray.

Jika Anda bimbang harus memilih sprayer mana yang paling bagus, jawabannya adalah tergantung pada kualitas dan kuantitas bahan kimia aktif dalam setiap larutan droplets yang melekat pada sasaran semprot atau tanaman.

Penggunaan mist sprayer gendong sebagai perangkat berkebun adalah hal yang tepat. Sebab pengaplikasian alat ini cukup sederhana. Anda tidak perlu menggotong mesin di satu tangan, dan mengaplikasikan semprotan menggunakan tangan lainnya. Cukup gendong saja sprayer tersebut seperti Anda memanggul tas punggung, dan tangan Anda akan lebih bebas bergerak.

Fungsi dan Prinsip Kerja Mist Sprayer Gendong

Selain berfungsi untuk menyemprot cairan pestisida, mist sprayer gendong juga bisa digunakan untuk menyemprotkan cairan pupuk serta cairan hormon pada tanaman tertentu. Fungsi bagian nozelnya juga bisa untuk menentukan ukuran droplets, mengatur tingkat curah semprotan, serta distribusi cairan yang disemprotkan.

Beberapa merek mist sprayer gendong ini telah dijual bebas di pasaran. Sebut saja Tasco Alat Semprot Hama 8 Liter, Swan Alat Semprot Hama SA – 14 BIG, Solo Alat Semprot Hama 15 Liter, atau Robot Alat Semprot Hama Electric 2in1. Semuanya memiliki fitur dan fungsi yang serupa, namun pemilihannya bisa didasarkan pada kebutuhan semprot dan kapasitasnya.

Mist sprayer gendong merupakan jenis yang paling umum digunakan para petani untuk menyemprot padi, sayuran, atau tanaman yang lain. Larutan yang dimasukkan ke dalam tangki akan dipompa menggunakan tekanan udara yang dihasilkan dari gerakan tangan penyemprotnya. Adapun kapasitasnya bervariasi, biasanya berkisar antara 13, 15, 18, atau 20, tergantuk merek dan tipenya.

Tekanan yang dihasilkan dengan cara memompa sebanyak 8 kali adalah sebesar 0,7 – 10 kg/cm2, atau setara dengan 10-15 Psi. Nah, supaya tekanan yang dikeluarkan tetap stabil, Anda harus memompa setiap berjalan 2 langkah.

Cara Merawat Mist Sprayer Gendong

Meski penggunaannya terbilang paling efektif dan efisien, namun bukan berarti sprayer gendong ini juga tahan dari kerusakan. Penggunaan secara kontinyu dapat membuat beberapa bagian alat mengalami aus, dan bisa jika tidak dirawat, maka akan berakhir dengan kerusakan.

Merawat mist sprayer gendong bisa dilakukan dengan menggunakannya sesuai aturan dan mengeceknya secara berkala. Berikut adalah beberapa tips untuk merawat mist sprayer gendong yang bisa Anda aplikasikan:

1.      Cek suku cadangnya

Jangan biarkan kerusakan minor menjadi mayor. Sebelum digunakan, pastikan anda sudah mengecek dengan teliti bagian-bagian sprayer. Jika ditemukan kerusakan pada satu bagian, lebih baik segera mengganti dengan spare part baru, supaya tidak merusak bagian lainnya.

2.      Berikan pelumas

Kasus yang banyak dijumpai adalah katup sprayer sering macet akibat kurangnya pelumas. Tak hanya itu, kekurangan pelumas dapat menjadikan perangkat anda aus, kotor pada keran, aus pada bagian packing, serta terjadinya kebocoran.

Gunakan minyak kelapa untuk melumasi bagian-bagian alat, seperti piston. Pastikan Anda merawat mist sprayer gendong dengan mengecek secara berkala apa saja yang dibutuhkan oleh alat tersebut.

3.      Gunakan seperlunya

Penggunaan secara berlebih juga bisa merusak sprayer, lo. Pastikan Anda mengikuti aturan yang tertulis di buku panduan, supaya alat tidak mudah rusak. Jangan mengguncang tangki untuk melarutkan cairan, tapi gunakanlah tongkat pengaduk supaya tidak terjadi keausan.

4.      Cuci alat setelah menggunakannya

Pastikan Anda selalu mencuci perangkat setelah menggunakannya. Gunakan air bersih ke dalam tangki dengan cara mengocoknya, kemudian buang. Setelah itu, lakukan pencucian yang kedua menggunakan air bersih, tapi kali ini sisa air bisa dibuang melalui bagian sprayer.

Selanjutnya, Anda bisa mencampur air bersih dengan Aero 810 untuk dikocok pada bagian dalam tangki, dan dikeluarkan melalui sprayer. Dengan perawatan ini, Anda bisa membantu memecah cairan menjadi partikel halus, sekaligus menghaluskan larutan pada saat penyemprotan.

Nah itu tadi sedikit informasi mengenai cara merawat mist sprayer gendong. Semoga bermanfaat ya.