Berkebun Hidroponik

Macam Media Tanaman Hidroponik

February 22, 2017 — by Tripta Agro Mandiri

main

Berkebun Hidroponik

Macam Media Tanaman Hidroponik

February 22, 2017 — by Tripta Agro Mandiri

Macam Media Tanaman Hidroponik

Terbatasnya lahan menjadi alasan utama banyaknya orang beralih ke teknik bercocok tanam hidroponik. Sayangnya, masyarakat awam masih sering berpikir bahwa teknik hidroponik hanya bisa dilakukan menggunakan media air. Padahal, ada banyak macam media tanam hidroponik yang bisa dimanfaatkan, selama tetap menggunakan larutan bernutrisi yang dibutuhkan tanaman tersebut.

Pemilihan media memengaruhi proses tumbuh dan kondisi sehat atau tidaknya tanaman. Nah, supaya Anda tidak salah pilih, berikut adalah beberapa media tanam yang bisa digunakan untuk bertanam secara hidroponik:

  1. Arang Sekam

Media tanam hidroponik yang satu ini cukup popular karena harganya cukup murah dan mudah didapatkan. Bahkan, di kawasan persawahan—khususnya setelah masa panen—arang sekam banyak tersedia dan bisa diperoleh secara gratis.

Selain soal harga, arang sekam memiliki kelebihan lain, di antaranya bobotnya ringan dan mudah dibuat.Tidak hanya itu, media ini juga mengandung komponen yang bermanfaat bagi tanaman seperti karbon, oksigen, hidrogen, silika, protein kasar, abu, lemak, juga protein kasar.

  1. Rockwool

Dibandingkan media tanam hidroponik yang lain, rockwool memiliki keunggulan yang bisa dibilang cukup “langka”. Komposisi air dan udara yang mampu ditampung rockwool mampu membuat tanaman di teras rumah Anda tumbuh subur.

Dengan sifatnya yang ramah lingkungan, serat rockwool juga berasal dari kombinasi batuan alami seperti batu basalt, batu bara, serta batu kapur yang diproses melalui suhu 1.600 derajat celcius.

Biasanya, rockwoll dijual dalam bentuk gulungan serat yang bisa dipotong-potong sesuai kebutuhan kebun mungil Anda. Namun, perlu diperhatikan bahwa rockwool memiliki kadar pH yang cenderung tinggi.

  1. Spons

Media spons sudah banyak digunakan oleh para pecinta botani. Seperti pada umumnya, spons memiliki bobot yang ringan sehingga tidak merepotkan jika harus dipindah-pindah. Karakteristiknya juga mudah menyerap air, sehingga mampu membuat tanaman tumbuh subur.

Hal ini sudah banyak dibuktikan oleh banyak pelaku hidroponik. Mereka mendapati tanaman hiasnya tumbuh subur tanpa proses adaptasi yang terlalu menyusahkan. Alasan lain yang membuat media tanam hidroponik yang satu ini banyak digemari adalah sifatnya yang tahan jamur serta mampu menghasilkan tanaman yang sehat dan prima.

  1. Kerikil

Siapa bilang batu-batuan hanya mampu merusak tanaman? Kerikil terbukti mampu menjadi media tanam hidroponik yang bermanfaat. Tidak hanya untuk menopang tanaman, kerikil juga mempunyai tetapi juga memiliki sejumlah manfaat lain.

Meski memiliki bobot lebih berat, namun kerikil mampu memberi ruang bagi akar tanaman untuk tumbuh secara baik. Akan tetapi, perlu diingat bahwa kerikil memiliki daya serap air rendah, sehingga Anda harus rutin menyirami tanaman.

  1. Serbuk Kayu

Siapa yang menyangka bahwa serpihan-serpihan kayu sisa gergaji hanya bisa berakhir di tong sampah? Serbuk kayu juga bisa difungsikan sebagai media tanam hidroponik dan mampu membuat sayuran atau tanaman hias lainnya tumbuh subur.

Jika mau, Anda bisa membuat serbuk kayu sendiri di rumah, atau kalau tidak mau repot, Anda bisa membelinya langsung di toko.

Serbuk kayu banyak dimanfaatkan sebagai media tanam, karena memiliki tekstur ringan dan mampu menyerap air. Hal tersebut bisa membuat tanaman cepat tumbuh subur dan sehat.

  1. Hidrogel

Dengan tampilan bulat kecil dan berwarna-warni, hidrogel membuat pot tanaman hidrogen tampak lebih cantik dan menarik.

Terbuat dari kristal polimer, Anda bisa menggunakannya untuk menanam tanaman hias di botol kaca, pot, atau pipa. Selain praktis, hidrogel sebagai media hidroponik juga bisa dijadikan dekorasi rumah yang cantik.

Hidrogel memiliki tekstur yang mampu terurai dan membusuk, sekaligus menyerap air dan nutrisi dengan sangat baik. Yang membuatnya menjadi favorit banyak orang adalah karena hidrogel mampu melepas nutrisi dan air sesuai dengan kebutuhan tanaman.

  1. Serbuk Sabut Kelapa

Serbuk sabut kelapa atau juga dikenal dengan cocopeat merupakan media tanam hidroponik yang memiliki daya serap air yang tinggi, yaitu mencapai 73% atau setara dengan 9 kali lipat volumenya.

Meski lebih sering dikenal sebagai alat pencuci panci, media ini bisa membuat tanaman tumbuh secara optimal. Tak hanya itu, dengan menggunakan cocopeat Anda tidak perlu terlalu sering melakukan penyiraman, Karena media ini bisa menyimpan air lebih lama.

Pemilihan macam media tanam hidroponik sebenarnya tergantung kebutuhan tanaman yang ingin Anda tanam. Jangan segan untuk mencari tahu media mana yang paling cocok, sehingga tanaman Anda bisa tumbuh lebih sehat dan optimal.