Perlengkapan berkebun

Jenis Timbangan yang Cocok untuk Bisnis Anda

January 19, 2017 — by Hanson Leo

main

Perlengkapan berkebun

Jenis Timbangan yang Cocok untuk Bisnis Anda

January 19, 2017 — by Hanson Leo

Jenis Timbangan yang Cocok untuk Bisnis Anda

Apakah Anda berniat memulai bisnis? Jika ya, timbangan harus menjadi salah satu perlengkapan penting dalam daftar Anda. Berbagai jenis timbangan kini tersedia untuk beragam keperluan, mulai dari menimbang berat badan, ternak, produk-produk pertanian, pupuk, hingga makanan.

Jika Anda hobi berkebun atau berbisnis tanaman, Anda bisa menggunakan timbangan  untuk mengukur berbagai produk dan benda secara akurat, bahkan hingga satuan mikrogram.

Berikut adalah berbagai macam timbangan digital yang populer di kalangan pemilik bisnis, kaum profesional, serta pemilik hobi yang serius.

Timbangan Elektrik Duduk (Bench Scale)

Timbangan elektrik duduk merupakan jenis timbangan yang mudah diangkut (portable) dan terdiri dari permukaan untuk meletakkan benda yang hendak ditimbang serta layar yang menunjukkan hasilnya.

Timbangan ini biasanya memiliki ukuran serta berat maksimal tertentu; yang paling umum adalah timbangan dengan berat maksimal 5 kilogram. Anda bisa menggunakannya untuk menimbang air, pupuk, campuran tanah untuk berkebun, dan sebagainya.

Timbangan Lantai (Floor Scale)

Timbangan lantai merupakan timbangan yang diposisikan di atas lantai. Timbangan ini memiliki ukuran serta kapasitas yang lebih besar daripada timbangan duduk. Anda bisa menggunakannya untuk menimbang barang-barang berat seperti karung pupuk, karung tanah, atau paket-paket berukuran besar.

Timbangan lantai juga lebih memudahkan proses penimbangan jika Anda harus mengangkut benda-benda berat dengan kereta dorong atau troli.

Timbangan Gantung (Hanging Scale)

Timbangan ini tidak memiliki permukaan untuk menempatkan barang. Sebagai gantinya, timbangan ini memiliki kaitan untuk menggantungkan barang yang akan ditimbang. Layar timbangan ini kemudian akan menunjukkan hasil penimbangan.

Timbangan ini cocok untuk menimbang benda-benda yang sulit ditimbang jika Anda menaruhnya di atas permukaan timbangan biasa, misalnya seikat hasil panen. Timbangan gantung modern, seperti yang tersedia di AlatKebunku, berfungsi dengan tenaga baterai kecil (2AAA), sehingga praktis untuk kegiatan sehari-hari.

Timbangan Satuan (Counting Scale)

Timbangan satuan (counting scale) adalah timbangan untuk mengukur benda-benda kecil. Anda bisa menggunakannya untuk mengukur butiran kapsul atau tablet, paku, baut, mur, dan sebagainya. Cara menggunakannya adalah dengan menempatkan beberapa dari keseluruhan barang yang hendak ditimbang sebagai sampel, misalnya sepuluh butir paku.

Setelah mendapatkan patokan pengukuran berdasarkan sampel, timbangan akan memberikan bacaan akurat untuk paku-paku serupa ketika Anda meletakkannya satu-persatu.

Timbangan Grosir (Retail Scale)

Timbangan ini khusus untuk melakukan bisnis grosir, atau untuk toko yang menjual berbagai jenis barang sekaligus. Timbangan ini memiliki tiga macam bacaan, yaitu berat benda yang ditimbang, harga per kilogram, serta total harga berdasarkan beratnya.

Timbangan semacam ini memiliki memori untuk memuat informasi harga berbagai macam barang. Anda bisa menemukan timbangan grosir yang memuat memori hingga tiga ribu produk.

Timbangan Digital Tahan Air (Waterproof Digital Scale)

Sesuai dengan namanya, timbangan digital tahan air adalah timbangan yang cocok untuk menimbang benda-benda basah. Anda bisa menggunakannya untuk menimbang produk laut seperti ikan, kepiting, udang, dan rumput laut, atau untuk tanaman dan sayuran yang masih berada dalam kondisi basah.

Timbangan Pengukur Kadar Air (Moisture Scale)

Timbangan pengukur kadar air dapat memberi bacaan akurat terhadap kadar air di dalam suatu benda. Caranya, Anda mengukur benda tersebut terlebih dahulu untuk mengetahui berat semula. Panaskan benda tersebut hingga kering, lalu timbang sekali lagi. Timbangan akan menunjukkan jumlah kadar air berdasarkan selisih berat yang tercantum.

Timbangan Laboratorium (Lab Balance)

Timbangan laboratorium jauh lebih sensitif daripada berbagai jenis timbangan digital lain, karena ilmuwan dan apoteker harus mendapatkan pengukuran akurat dari berbagai benda yang sangat ringan, bahkan hingga ke skala 0,0001 gram.

Timbangan Ternak (Livestock Scale)

Timbangan ternak dirancang untuk menahan beban berat, sama seperti timbangan lantai. Akan tetapi, timbangan ini juga memiliki fitur khusus yaitu Hold dan Peak Hold. Manfaat kedua fitur ini adalah untuk mendapat angka pengukuran yang akurat, yaitu dengan cara mengunci secara otomatis. Hal ini karena hewan ternak tidak akan benar-benar tenang ketika berada di atas timbangan, sehingga ada risiko bacaan timbangan menjadi tidak stabil.

Kini, Anda dapat membeli berbagai jenis timbangan dengan mudah. Jika Anda ingin memiliki bisnis terkait hobi berkebun atau bertani, misalnya, Anda bisa mendapat timbangan digital berkualitas di Alatkebunku.