BerkebunPerlengkapan berkebun

Inilah Perlengkapan Berkebun yang Wajib Anda Miliki

January 25, 2017 — by Tripta Agro Mandiri

main

BerkebunPerlengkapan berkebun

Inilah Perlengkapan Berkebun yang Wajib Anda Miliki

January 25, 2017 — by Tripta Agro Mandiri

Suka Berkebun? Inilah Perlengkapan Berkebun yang Wajib Anda Miliki

Berkebun merupakan kegiatan dengan banyak manfaat, namun Anda harus melakukan persiapan yang bagus agar kegiatan berkebun berhasil. Memilih perlengkapan berkebun yang tepat adalah keharusan agar kegiatan berkebun Anda membuahkan hasil.   Secara umum, ada dua jenis alat berkebun yang wajib ada di dalam gudang perlengkapan Anda, yaitu alat-alat pengolah tanah dan perkakas untuk bercocok tanam. Berikut adalah beberapa jenis peralatan dasar yang harus tersedia di gudang semua pemilik kebun pemula.

Jenis Perlengkapan Pengolah Tanah

Mengolah tanah penting untuk memastikan bibit Anda tumbuh di area yang subur dan gembur, dengan kondisi tanah ideal. Berikut adalah beberapa perlengkapan pengolahan tanah wajib:

Cangkul

Alat ini berfungsi untuk memecah permukaan tanah (terutama yang berbatu-batu) agar ideal untuk bercocok tanam. Cangkul juga berfungsi untuk “membalik” permukaan tanah agar gembur.

Sekop

Sekop memiliki beragam fungsi, namun dalam berkebun, sekop merupakan alat pemindah tanah dari satu tempat ke tempat lain, serta untuk menggali lubang berukuran besar. Sekop juga berguna untuk membalik sampah saat Anda membuat tumpukan kompos sendiri.

Garu

Alat ini mirip sekop namun memiliki ujung seperti “garpu” alih-alih “sendok” seperti sekop. Gunanya adalah menggemburkan tanah yang telah Anda cangkul sehingga kegiatan menanam menjadi lebih mudah.

Fork

Alat ini mirip garu tetapi ukurannya lebih kecil. Anda bisa menggunakannya untuk meratakan tanah di dalam pot atau media tanam sebelum mulai menanaminya.

Cetok (trowel)

Cetok yang mirip sekop namun berukuran lebih kecil ini berguna untuk menyiapkan tanah sebelum ditanami bibit, contohnya jika Anda ingin menanam bibit di dalam pot. Anda juga bisa menggunakannya untuk mencungkil butiran batu kecil dari permukaan tanah.

Cultivator merupakan alat yang mirip garpu bergigi jarang, namun dengan ujung tegak lurus terhadap batangnya. Anda bisa menggunakan alat ini untuk mengumpulkan daun kering serta meratakan permukaan tanah, agar siap ditanami.

Jenis Perlengkapan untuk Bercocok Tanam

Setelah mengolah tanah, waktunya Anda menangani tanaman dan bibit dengan menggunakan berbagai alat bercocok tanam. Beberapa perkakas yang sebaiknya Anda miliki antara lain:

Gunting rumput

Gunting ini merupakan perkakas yang mungkin banyak hadir di berbagai rumah. Anda menggunakan gunting tersebut untuk merapikan tanaman, memangkas rumput dan tanaman liar, merapikan permukaan semak, dan lain sebagainya.

Pencabut rumput (weed puller)

Alat pencabut rumput bermanfaat jika Anda mengalami gangguan berupa rumput liar yang tumbuh dengan cepat.  Dengan alat ini, Anda dapat mencabut rumput liar hingga ke akarnya tanpa mengeluarkan tenaga terlalu besar seperti jika mencabut rumput dengan tangan.

Gunting tanaman (anvil blades)

Gunting tanaman adalah gunting berukuran kecil yang bisa Anda gunakan untuk merapikan ujung-ujung tanaman dalam pot atau memangkas batang daun dan bunga kecil. Ukurannya yang mungil dan ujung-ujung belatinya yang meruncing membuat pekerjaan menggarap tanaman berukuran kecil menjadi mudah.

Alat penyemprot tanaman (spray)

Alat penyemprot berfungsi menyemprotkan pupuk cair atau pestisida untuk merawat tanaman Anda. Tergantung jenis tanamannya, alat penyemprot ini bisa berupa semprotan tangan (hand spray), semprotan ember (bucket spray), semprotan otomatis, hingga semprotan punggung untuk pertanian (knapsack spray).

Alat penyiram tanaman

Alat penyiram tanaman memudahkan proses pengairan tanaman yang berada di dalam pot. Anda bisa membeli lebih dari satu alat penyiram dengan kapasitas serta ukuran semprotan yang berbeda-beda. Alat penyiram kecil dengan semprotan berukuran kecil cocok untuk tanaman muda atau yang masih tunas, sementara semprotan besar bermulut lebar cocok untuk tanaman dewasa berukuran besar.

Jenis Perlengkapan Pelindung

Ketika bekerja di kebun atau lahan, Anda harus melindungi diri dari berbagai elemen seperti cahaya matahari, serangga, produk pertanian atau bahan kimia, serta tanaman yang dapat menimbulkan gangguan kulit. Pastikan Anda memiliki perlengkapan pelindung seperti topi lebar, sarung tangan kebun (garden gloves), masker, serta sepatu bot.

Berkebun atau bertani merupakan kegiatan yang memiliki berbagai manfaat. Bahkan jika Anda mulai dengan anggaran kecil, Anda dapat melakukan banyak hal ketika telah memiliki perlengkapan yang tepat. Pastikan juga memilih perlengkapan berkebun berkualitas seperti yang ada di Alatkebunku.