BerkebunBerkebun Hidroponik

Berbagai Jenis Alat Penyemprot dalam Sektor Pertanian

January 4, 2017 — by Hanson Leo

main

BerkebunBerkebun Hidroponik

Berbagai Jenis Alat Penyemprot dalam Sektor Pertanian

January 4, 2017 — by Hanson Leo

Jenis Alat Penyemprot dalam Sektor Pertanian

Jika Anda menekuni bidang pertanian atau memiliki bisnis berkebun, jenis alat penyemprot (sprayer) pasti menjadi salah satu barang penting dalam pekerjaan sehari-hari. Alat penyemprot berguna untuk mengaplikasikan pestisida, larutan hormon, atau cairan pupuk tanaman dalam jumlah tertentu dengan cara memecah semburan cairan menjadi butiran (droplets). Hal ini membantu Anda mengaplikasikan bahan kimia dalam jumlah tertentu dengan lebih tepat sasaran ke arah tanaman.

Dunia pertanian dan perkebunan mengenal berbagai jenis alat penyemprot, baik yang sederhana maupun yang memiliki mekanisme rumit. Berikut beberapa jenis alat semprot yang wajib Anda ketahui sebelum menjajal kegiatan berkebun atau bertani.

Alat Penyemprot Tangan (Hand Sprayer)

Alat semprot tangan merupakan jenis yang paling sederhana. Pemilik kebun atau tanaman dalam pot biasanya menggunakan semprotan ini untuk menyiram tanaman berukuran kecil, terutama jika alat penyiram tanaman masih terlalu besar untuk tugas tersebut.

Hand sprayer hadir dalam beragam ukuran, namun biasanya masih cukup kecil untuk melakukan tugas-tugas berkebun seperti menyiram atau memupuki tanaman dalam pot atau tunas muda. Hand sprayer merupakan salah satu peralatan utama dalam persediaan perkakas jika Anda menanam tanaman bumbu berukuran mungil (micro herbs).

Alat Penyemprot Ember (Bucket Spray)

Alat semprot ember hampir mirip dengan alat semprot tangan, namun kapasitasnya lebih besar karena cairannya berada dalam wadah berbentuk ember. Semprotan semacam ini biasanya bekerja dengan cara manual lewat bantuan tangan atau tekanan udara.

Ada semprotan serupa dengan ukuran lebih besar yang disebut barrel spray, yaitu semprotan dengan tangki seukuran gentong. Untuk yang fleksibel dan mudah dibawa-bawa ke berbagai titik dalam satu area, ada semprotan gerobak (wheelbarrow spray), yang mirip dengan barrel spray namun lebih mudah dalam hal transportasinya.

Alat Penyemprot Punggung (Knapsack Sprayer)

Anda mungkin sering melihat petani menggunakan alat semprot yang terpasang pada punggung mereka, serta terhubung pada selang penyemprot panjang. Alat semprot ini termasuk yang paling populer di kalangan petani dan pemilik kebun di seluruh dunia.

Mekanismenya menggunakan tekanan udara untuk mengalirkan cairan dari tangki di punggung pengguna ke ujung pipa melalui tekanan pada pompa tangan. Kapasitas alat penyemprot ini bisa bervariasi, antara 13 hingga 20 liter, tergantung merek dan jenis yang Anda beli.

Alat Penyemprot Otomatis (Automatic Sprayer)

Alat penyemprot otomatis merupakan penemuan yang memudahkan tugas penggemar kegiatan bertani dan berladang. Sesuai dengan namanya, alat semprot ini menyemprotkan sejumlah cairan pestisida atau pupuk cair ke area sekitar dalam waktu-waktu tertentu.

Alat semprot otomatis bisa digerakkan dengan sistem tekanan udara atau motor. Alat semprot ini cocok untuk yang sering meninggalkan lahannya, atau pemilik kebun tanaman hidroponik yang membutuhkan asupan air atau pupuk cair setiap beberapa waktu.

Alat Penyemprot dengan Mesin (Motor Sprayer)

Motor sprayer adalah jenis alat semprot yang cocok untuk Anda yang membutuhkan kapasitas serta kecepatan semprot lebih besar. Sesuai namanya, motor sprayer menggunakan tenaga mesin untuk menyemprotkan cairan di dalam tangki. Keunggulan penyemprot jenis ini adalah pengguna hanya mengeluarkan tenaga minimal, namun bisa mendapat kapasitas penyemprotan lebih besar.

Penyemprot mesin hadir dalam berbagai rupa seperti penyemprot punggung, penyemprot kabut (mist sprayer), penyemprot tanah, dan bahkan penyemprot dalam pesawat terbang.  Penyemprot macam ini tidak cocok untuk tanaman muda atau bibit karena semprotannya terlalu kuat.

Alat Penyemprot CDA (CDA Sprayer)

CDA adalah kepanjangan dari Controlled Droplet Action. Istilah ini mengacu pada pengaturan fleksibel terhadap kapasitas, arah, serta ukuran butiran cairan yang disemprotkan. Penyemprot jenis ini menggunakan mekanisme piringan berputar dan gravitasi untuk mengatur kapasitas, arah, serta tenaga semprotan.

Penyemprot ini biasanya menggunakan baterai 12 volt sebagai sumber energinya. Semprotan ini cocok bagi Anda yang memiliki tanaman dengan berbagai ukuran dan tahap pertumbuhan.

Memiliki alat penyemprot berkualitas sangat penting jika Anda gemar berkebun atau mencari nafkah dalam bidang pertanian dan perkebunan. Pilihlah jenis alat penyemprot bermutu seperti yang tersedia di Alatkebunku untuk kualitas bertani serta bercocok tanam yang lebih baik.